Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran Biologi Di Era Globalisasi
Era Globalisasi, E-learning, Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.116Abstract
Kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan oleh guru dengan siswa di sekolahan dikenal dengan istilah pembelajaran. Kualitas pembelajaran akan optimal apabila proses pembelajaran berpusat pada siswa (student centered instruction), bukan berpusat pada guru (teacher centered instruction). Proses pembelajaran sebaiknya juga dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan, termasuk pada pembelajaran biologi. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa tidak jarang pembelajaran biologi dilakukan dengan metode-metode konvensional (tradisional) yang cenderung monoton. Metode konvensional di sini berarti masih mengandalkan ceramah dan bersifat tekstual. Metode konvensional bukan berarti tidak boleh dilakukan, namun perlu dikombinasikan dengan metode lain agar tidak timbul paradigma bahwa biologi hanyalah pelajaran hafalan. Di era digitital seperti sekarang ini, guru sebaiknya mempunyai paradigma yang baru terhadap pembelajaran biologi. Sudah saatnya guru memanfaatkan kemajuan teknologi dan internet sebagai sarana pembelajaran biologi (e-learning). Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mengubah paradigma lama menuju paradigma baru dalam pembelajaran biologi di era digital? Bagaimana menerapkan pembelajaran biologi di era digital? Bagaimana kelebihan dan kekurangannya menggunakan pembelajaran digital (elearning)? Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan benang merah yang akan dibahas dalam jurnal ini.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.