Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Melalui Teks Anekdot Dalam Bentuk Dialog Berbasis Karikatur (Studi Kasus MAN 6 Jombang)
Karikatur, Peningkatan Keterampilan Menulis, Teks Anekdot
DOI:
https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.118Abstract
Penelitian ini termasuk katagori jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang ingin mengungkap upaya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot dalam bentuk dialog melalui media karikatur. Melalui media karikatur yang unik dan lucu, maka siswa akan tertarik untuk belajar. Dengan media ini akan mempengaruhi siswa dalam menyerap inrformasi secara maksimal karena berhubungan dengan gambar yang khas dan melebih-lebihkan. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 6 Jombang pada pada bulan Agustus sampai bulan Oktober 2019. hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan media karikatur dapat diterapkan dalam menulis karangan teks anekdot dengan bentuk dialog siswa kelas X IPA-1 MAN 6 Jombang, karena sangat mempengaruhi peningkatan keterampilan siswa dalam menulisa teks anekdot. Penerapan media karikatur ini dapat merangsang siswa sehingga termotivasi dalam pembelajaran menulis teks anekdot, dan mampu meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X IPA-1 MAN 6 Jombang. Peningkatan kemampuan siswa ini ditandai dengan terlihatnya saat pembelajaran menulis teks anekdot, siswa lebih semangat dan antusias mengikuti pembelajaran, dan siswa mampu menulis teks anekdot dalam bentuk dialog dengan baik, dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan, baik lisan maupun tulis. Kreativitas guru dalam memilih media pembelajaran sangat diperlukan, sehingga ketepatan dalam memilih media pembelajaran sangat mempengaruhi terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks anekdot dalam bentuk dialog melalui media karikatur.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.