KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN BPJS DI RAWAT INAP RSI DARUS SYIFA’ SURABAYA

Authors

  • mono Pratiko Gustomi Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Gresik
  • Nur Yaqin Akademi Analis Kesehtan, Delima Husada Gresik

Keywords:

Pelayanan, kualitas, bpjs kesehatan

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk pelayanan yang diberikan pihak penyedia layanan, dalam hal ini rumah sakit, dengan kualitas pelayanan ini akan berdampak pada kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan keluarga pasien BPJS di Rumah Sakit Islam Darus Syifa' Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode diskiptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 124 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji analisis rank spearman dengan tingkat signifikan p< 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan : kualias pelayanan perawat berhubungan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien BPJS (p= 0,000 dan r = 0,499). Kualitas pelayanan di rumah sakit berhubungan dengan tingkat kepuasan keluarga pasin BPJS . Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, RSI Darus Syifa’ Surabaya diharapkan perawat untuk meningkatkan komunikasi dalam memberikan pelayanan dan meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan pasien serta melengkapi fasilitas alat medis yang dibutuhkan dalam proses asuhan keperawatan , sehingga mendorong pasien untuk menggunakan kembali pelayanan rumah sakit.

Published

2023-12-28

How to Cite

Pratiko Gustomi, M., & Yaqin, N. (2023). KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN BPJS DI RAWAT INAP RSI DARUS SYIFA’ SURABAYA. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(6), 33–36. Retrieved from https://journal.pbnsurabaya.co.id/index.php/jupm/article/view/243

Issue

Section

Articles

Categories