The Character Values ​​of Characters in Dongeng Kerajaan Nusantara and The Implications for Student Characterization (John Garmo's Character Value Study)

Authors

  • Ni Made Novi Artadiyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Tengsoe Tjahjono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58705/jpm.v1i2.37

Keywords:

Nilai, Karakter, Dongeng, Karakterisasi, Tokoh, Sastra Anak

Abstract

Penelitian ini akan membahas nilai karakter tokoh dalam dongeng rakyat Nusantara dan bagaimana implikasinya sebagai pembentuk karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan nilai karakter John Garmo sebab penelitian berfokus pada nilai-nilai karakter tokoh. Buku Dongeng Kerajaan Nusantara: Kisah Inspiratif dan Kaya Pesan Moral dari Raja di Indonesia karya Anik Kurniati, dkk menjadi sumber data dalam penelitian ini. Teknis deskriptif analisis merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan kutipan dalam buku tersebut. Hasil penelitian menunjukkan nilai karakter tokoh yang dapat ditemukan dalam Dongeng Kerajaan Nusantara: Kisah Inspiratif dan Kaya Pesan Moral dari Raja di Indonesia terdiri dari (1) kesetiaan yang tergambarkan melalui bentuk ketaatan terhadap guru, ketaatan terhadap perintah raja, setia pada janji, ketaatan pada ajaran agama, dan teguh pada keinginan, (2) keberanian yang tergambarkan melalui bentuk kegagahan Jaka Tingkir melawan musuh, inisiatif untuk menyadarkan seseorang dari kesombongan, dan ketegasan raja dalam menghukum panglimanya, (3) kerendah hatian yang tergambarkan melalui bentuk perhatian terhadap rakyat dan penghormatan kepada raja, (4) kebaikan yang tergambarkan melalui bentuk pemaaf dan kerendah hatian Raden Parah, dan (5) bersyukur yang digambarkan melalui bentuk rasa puas terhadap keinginan yang telah terkabul. Adapun nilai karakter harus diwujudkan dalam pembelajaran sastra. Implikasi nilai karakter tokoh terhadap pembentukan karakter peserta didik dapat ditunjukkan melalui kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Kurikulum Merdeka. Kegiatan yang mengimplikasi nilai karakter ada pada tahap perencanaan dan dilakukan pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Novi Artadiyanti, N. M., & Tjahjono, T. (2022). The Character Values ​​of Characters in Dongeng Kerajaan Nusantara and The Implications for Student Characterization (John Garmo’s Character Value Study). Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.58705/jpm.v1i2.37