Pelatihan Desain dan Penerapan Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) Bagi Guru Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.58705/jam.v4i3.377Keywords:
Pelatihan Desain dan Penerapan Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) Bagi Guru MadrasahAbstract
Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil pengabdian yang berjudul Pelatihan Desain dan Penerapan Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) bagi Guru Madrasah. Pengabdian ini dilakukan di di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Riau. Kegiatan pengabdian yang dilakukan ini merupakan Partisipatory Action Research (PAR) dilaksanakan dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitati. Adapun hasil pengabdian yang telah pengabdi lakukan tentang Pelatihan Desain dan Penerapan Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) bagi Guru Madrasah disimpulkan bahwa sebelum pelaksanaan pengabdian, strategi pembelajaran PAIKEM belum sepenuhnya dilakukan guru dalam pembelajaran di kelas. Kecenderungan guru masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional . Hal ini disebabkan oleh masih kurangnya pemahaman guru terhadap bentuk strategi PAIKEM dan kurang didukungnya sarana dan prasarana serta perangkat pembelajaran seperti jadwal mata pelajaran yang disusun Madrasah.Namun Setelah pelaksanaan pengabdian, pemahaman dan kemampuan guru dalam penerapan strategi PAIKEM mengalami peningkatan meskipun belum sepenuhnya sesuai dengan yang diharapkan, dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya terlaksana sesuai dengan arahan yang diberikan pada waktu Pengabdian, namun semua itu bisa di maklumi karena dalam penerapan strategi PAIKEM perlu pembiasaan sehingga guru tidak merasa canggung dalam pelaksanaannya.