Implementasi Kompetensi Paedagogik : Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Mardia Hayati universitas islam negeri sulthan syarif kasim riau program studi pendidikan guru madrasah ibtida’iyah

DOI:

https://doi.org/10.58705/jpm.v3i6.352

Keywords:

Implementasi, Kompetensi Paedagogik, Kualitas Pembelajaran.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian  Implementasi Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMP 32 Pekanbaru Penelitian ini dilakukan di  SMP Negeri  32 Pekanbaru. Metode penelitian  ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian yang telah peneliti lakukan tentang Implementasi Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMP 32 Pekanbaru, dapat diambil kesimpulan bahwa  pembelajarannya dikategorikan “Cukup”. Hal ini dapat diketahui dari presentase yang dilaksanakan secara keseluruhan yaitu 61,25%, berada pada rentang 56% - 65%. Sedangkan yang tidak dilaksanakan oleh guru adalah 38,75%. Adapun untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhiKompetensi Paedagogik guru di Sekolah Menengah Pertama 32  Pekanbaru adalah Faktor internal, (faktor dari dalam diri guru), yakni pengalaman mengajar, mengikuti seminar atau pelatihan dan kesadaran akan kewajiban dan hati nurani. Faktor eksternal, (faktor dari luar diri guru), yakni ketersediaan saran, prasarana dan media pembelajaranserta adanya kegiatan pembinaan dan pengawasan terhadap guru.

Published

2025-01-06

How to Cite

Hayati, M. (2025). Implementasi Kompetensi Paedagogik : Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(6), 1–18. https://doi.org/10.58705/jpm.v3i6.352

Issue

Section

Articles

Categories