Implementasi Kompetensi Paedagogik : Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.58705/jpm.v3i6.352Keywords:
Implementasi, Kompetensi Paedagogik, Kualitas Pembelajaran.Abstract
Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian Implementasi Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMP 32 Pekanbaru Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 32 Pekanbaru. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian yang telah peneliti lakukan tentang Implementasi Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMP 32 Pekanbaru, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajarannya dikategorikan “Cukup”. Hal ini dapat diketahui dari presentase yang dilaksanakan secara keseluruhan yaitu 61,25%, berada pada rentang 56% - 65%. Sedangkan yang tidak dilaksanakan oleh guru adalah 38,75%. Adapun untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhiKompetensi Paedagogik guru di Sekolah Menengah Pertama 32 Pekanbaru adalah Faktor internal, (faktor dari dalam diri guru), yakni pengalaman mengajar, mengikuti seminar atau pelatihan dan kesadaran akan kewajiban dan hati nurani. Faktor eksternal, (faktor dari luar diri guru), yakni ketersediaan saran, prasarana dan media pembelajaranserta adanya kegiatan pembinaan dan pengawasan terhadap guru.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.