Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Mardia Hayati

DOI:

https://doi.org/10.58705/jpm.v2i6.237

Keywords:

Penerapan, Pembelajaran, Berbasis, Multiple Intelligences

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian  penerapan pendekatan  multiple intelligences di dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 68 Pekanbaru Penelitian ini dilakukan di  SD Negeri 68 Pekanbaru. Metode penelitian  ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian yang telah peneliti lakukan tentang Penerapan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 68 Pekanbaru,dapat diambil kesimpulan bahwa  pembelajarannya dikategorikan “Baik”. Hal ini dapat diketahui dari presentase yang dilaksanakan secara keseluruhan yaitu 67,5%, berada pada rentang 66% - 79%. Sedangkan yang tidak dilaksanakan oleh guru adalah 32,5%. Adapun untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences di Sekolah Dasar 68 Pekanbaru adalah Faktor internal, (faktor dari dalam siswa), yakni keadaan/kondisi jasmani dan rohani siswa. Faktor eksternal, (faktor dari luar siswa), yakni kondisi lingkungan  di sekitar   siswa dan faktor pendekatan belajar (Approach to learning), yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan mempelajari materi-materi pelajaran.

Published

2023-12-26

How to Cite

Hayati, M. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(6), 1–18. https://doi.org/10.58705/jpm.v2i6.237

Issue

Section

Articles

Categories