Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.58705/jpm.v2i6.237Kata Kunci:
Penerapan, Pembelajaran, Berbasis, Multiple IntelligencesAbstrak
Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian penerapan pendekatan multiple intelligences di dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 68 Pekanbaru Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 68 Pekanbaru. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian yang telah peneliti lakukan tentang Penerapan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 68 Pekanbaru,dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajarannya dikategorikan “Baik”. Hal ini dapat diketahui dari presentase yang dilaksanakan secara keseluruhan yaitu 67,5%, berada pada rentang 66% - 79%. Sedangkan yang tidak dilaksanakan oleh guru adalah 32,5%. Adapun untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences di Sekolah Dasar 68 Pekanbaru adalah Faktor internal, (faktor dari dalam siswa), yakni keadaan/kondisi jasmani dan rohani siswa. Faktor eksternal, (faktor dari luar siswa), yakni kondisi lingkungan di sekitar siswa dan faktor pendekatan belajar (Approach to learning), yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan mempelajari materi-materi pelajaran.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Penelitian Multidisiplin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.