Implementation Of Innovation And Literacy In Islamic Education Curriculum Development
Inovasi, Literasi, Pengembangan Kurikulum, MA Roudlatul ‘Ulum.
DOI:
https://doi.org/10.58705/jpm.v2i2.164Kata Kunci:
Innovation, Literacy, Curriculum Development, MA Roudlatul 'UlumAbstrak
Seperti yang kita ketahui bahwa kurikulum memiliki peran penting dalam proses mencapai tujuan pendidikan, di sisi lain pendidikan harus selalu berkembang dan menjawab tantangan dari perubahan jaman. Oleh karena itu, dalam mengembangkan kurikulum diperlukan adanya inovasi dan literasi agar pendidikan dapat mencapai tujuannya secara maksimal, khususnya dalam pendidikan agama Islam. Tujuan dari artikel ini adalah melakukan analisis mendalam mengenai implementasi inovasi dan literasi dalam pengembangan kurikulum PAI di MA Raodlatul ‘Ulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Pengumpulan data menggunak studi dokumentasi, sedangkan sumber datanya terdiri dari buku, artikel, dan hasil penelitian lainnya yang berkaitan dengan persoalan yang sedang dikaji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa impementasi inovasi dan literasi dalam pengembangan kurikulum di MA Roudlatul ‘Ulum menggunakan integrated curriculum yaitu dengan mengintergrasikan isu-isu kontamporer kedalam kurikulum PAI, di antaranya melalui mata pelajaran Fiqih, Al-qur’an-Hadist, Aqidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Penelitian Multidisiplin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.