Model Bimbingan Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tuna Netra

Children with special needs, Blind, Islamic Guidance

Penulis

  • Difa’ul Husna Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Harmita Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Muhammad Lutfi Nur Fauzi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Putri Fahma Fiddini Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Defrian Riski Muncar Atmana Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58705/jpm.v1i2.74

Abstrak

Anak berkebutuhan khusus mempunyai banyak macam klasifikasi salah satu diantaranya yaitu anak berkebutuhan khusus tunanetra. Peneliti menggunakan metode penelitian literature dan menggunakan pendekatan kualitatif, tidak lupa untuk mengembangkan bahan bacaan peneliti juga mencari sumber informasi baik dari media seperti jurnal, artikel sebagai bahan pengembangan data dalam penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatakan informasi pengetahuan mengenai metode dan model bimbingan Islam pada anak tunanetra yang mana nantinya juga bisa menjadi referensi dan bisa diaplikasikan bagi pembaca dalam menerapkan metode dan model bimbingan Islam bagi anak berkebutuhan khusus tuna netra. Sedangkan hasil penelitian memuat karakteristik dan gangguan anak berkebutuhan khusus tunanetra serta metode yang digunakan dalam bimbingan Islam anak tuna netra yang menggunakan metode ceramah, tanya jawab serta demonstrasi.

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Husna, D., Harmita, Fauzi, M. L. N., Fiddini, P. F., & Atmana, D. R. M. (2022). Model Bimbingan Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tuna Netra: Children with special needs, Blind, Islamic Guidance. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 132–136. https://doi.org/10.58705/jpm.v1i2.74