Model Bimbingan Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tuna Netra
Children with special needs, Blind, Islamic Guidance
DOI:
https://doi.org/10.58705/jpm.v1i2.74Abstrak
Anak berkebutuhan khusus mempunyai banyak macam klasifikasi salah satu diantaranya yaitu anak berkebutuhan khusus tunanetra. Peneliti menggunakan metode penelitian literature dan menggunakan pendekatan kualitatif, tidak lupa untuk mengembangkan bahan bacaan peneliti juga mencari sumber informasi baik dari media seperti jurnal, artikel sebagai bahan pengembangan data dalam penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatakan informasi pengetahuan mengenai metode dan model bimbingan Islam pada anak tunanetra yang mana nantinya juga bisa menjadi referensi dan bisa diaplikasikan bagi pembaca dalam menerapkan metode dan model bimbingan Islam bagi anak berkebutuhan khusus tuna netra. Sedangkan hasil penelitian memuat karakteristik dan gangguan anak berkebutuhan khusus tunanetra serta metode yang digunakan dalam bimbingan Islam anak tuna netra yang menggunakan metode ceramah, tanya jawab serta demonstrasi.