Pendekatan Pembelajaran Sosial Dengan Teknologi Pendidikan Dalam Mendukung Proses PAK Di Era Digitalisasi
Social Learning, Educational Technology, Christian Religious Education
DOI:
https://doi.org/10.58705/jpm.v1i2.78Abstrak
Pembelajaran sosial merupakan sebuah teori yang relatif masih baru dibandingkan dengan teori-teori belajar lainnya. Pembelajaran sosial adalah belajar melalui interaksi dengan komunitas ahli dan sesama peserta didik. Komunikasi antara peserta bergantung pada media jejaring sosial seperti diskusi online, blogging, dan pesan teks. Seperti kita ketahui banyak sekali media sosial yang ada pada saat ini, berdasarkan data, ada enam media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat terutama Indonesia yaitu Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Instagram, dan Pinterest. Untuk menerapkan pembelajaran sosial kita harus memperhatikan fitur – fitur yang dapat digunakan dari masing – masing sosial media tersebut agar dapat mendukung suatu proses pembelajaran. Kemudian, menentukan sosial media mana yang cocok dengan proses pembelajaran yang ingin dibangun. Melalui pembelajaran sosial, ada banyak cara untuk berinteraksi antara pengajar dan pelajar dengan hadirnya teknologi pendidikan di era digitalisasi. Demikian juga pembelajaran sosial dengan teknologi pendidikan dapat mendukung serta bermanfaat dalam mendukung pembelajaran pendidikan agama Kristen.