Analisis Strategi Pemasaran Produk Olahan Singkong Pada UMKM UD. Rindi Lanting di Desa Bekare Bungkal Ponorogo
Abstrak
Perkembangan teknologi dan persaingan usaha yang semakin tinggi membuat para pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) harus memiliki strategi pemasaran yang baik untuk tetap dapat bersaing dengan para kompetitornya. Sebagai pelaku usaha para wirausaha ingin selalu mencapai keuntungan di setiap produk yang dihasilkan. Hal tersebut harus disesuaikan dengan era saat ini yang mengedepankan digitalisasi salah satu nya melalui pemasaran pada sosial media. Bagaimana pemasaran produk dilakukan secara sederhana dengan sosial media tetapi mendapatkan keuntungan yang maksimal di setiap usaha dan produk nya dan dapat meminimalisir biaya pengeluaran dalam promosi produk. Berdasarkan permasalahan tersebut maka Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas ekonomis mitra. Metode yang digunakan yaitu subtitusi ipteks dengan cara membuatkan 4 platform media pemasaran digital yaitu Blog, WhatsApp Bisnis, Facebook dan Instagram sebagai media pemasaran produk secara online. Dari program ini menghasilkan dampak positif bagi UMKM UD.Rindi Lanting dimana produk olahan yang dihasilkan dapat dijangkau melalui media sosial.