IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN “SMART” GAME PADA ANAK-ANAK DI DESA CERME KIDUL KABUPATEN GRESIK
Media Pembelajaran, Smart Board Game, Karakter Anak
DOI:
https://doi.org/10.58705/jam.v3i6.332Kata Kunci:
Learning Media, Smart Board Game, Children's CharactersAbstrak
Kebutuhan akan media pembelajaran bahasa inggris sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran. Di desa Cerme Kidul menunjukkan kondisi anak-anak yang antusias belajar Bahasa Inggris khususnya mempelajari kosakata berbahasa Inggris dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Proses pembelajaran yang menyenangkan menjadi kunci bagaimana kemampuan kognitif serta penanaman karakter berkembang secara beriringan. Salah satu cara membuat proses pembelajaran yang menyenangkan adalah melalui penggunaan media pembelajaran. Pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu media pembelajaran yaitu “SMART” board game yang dapat digunakan oleh anak-anak untuk mempelajari kosakata baru dalam bahasa inggris. Metode yang digunakan dalam Pengabdian ini adalah metode demonstrasi dan pembelajaran berbasis Active Joyful Based Learning (AJBL) yang mengutamakan proses belajar dengan atmosfer yang menyenangkan dimana anak-anak diajak melakukan permainan dengan media pembelajaran “SMART” board game untuk mepelajari kosakata berbahasa inggris. Hasil Pengabdian Masyarakat ini diperoleh bahwa anak-anak memiliki peningkatan kosakata. Selain itu, melalui permainan ini anak-anak dilatih belajar bersikap disiplin dan bertanggung jawab. Pada saat permainan ini, anak-anak bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan. Mereka saling berganti tugas menjadi pion,melempar dadu dan menjawab pertanyaan pada kartu pertanyaan dengan baik. Anak-anak juga disiplin dalam mengikuti aturan permainan “SMART” Board Game ini. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah media pembelajaran “SMART” board game dapat digunakan untuk anak-anak dalam mempelajari kosakata berbahasa inggris dengan cara yang menyenangkan di desa Cerme Kidul.