PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TK/PAUD DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.58705/jam.v4i3.374Kata Kunci:
Komunikasi, Interaksi, PembelajaranAbstrak
Pentingnya kemampuan komunikasi bagi guru TK/PAUD dalam menyampaikan materi, membangun interaksi efektif, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Artikel ini mengidentifikasi tantangan komunikasi yang dihadapi guru, seperti kurangnya keterampilan berbicara di depan umum dan mendengarkan aktif, yang dapat menghambat efektivitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan berbasis teori dan praktik komunikasi dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Strategi komunikasi guru TK/PAUD yang efektif meliputi penggunaan bahasa sederhana, media pembelajaran menarik, metode verbal dan non-verbal yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini, serta sifat sabar dan ramah. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi peserta pelatihan, yang berdampak positif pada kepercayaan diri guru, interaksi guru-siswa, dan efektivitas pembelajaran. Meskipun demikian, diperlukan program pendampingan lanjutan untuk memastikan penerapan komunikasi yang konsisten. Kesimpulannya, peningkatan kemampuan komunikasi guru TK/PAUD melalui pelatihan berkelanjutan sangat krusial untuk mendukung pembelajaran yang efektif, memotivasi anak, dan membangun hubungan positif dengan orang tua.AbstrakMaksimal 250 kata berbahasa Indonesia dicetak miring dengan Times New Roman10point. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah pengabdian masyarakat yang dilakukan/diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik pengabdian masyarakat, metodepengabdian dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat.