Paradigma Pendidikan Geografi Dan Tantangan Global Pada Masa Kini

Pendidikan Geografi, Dimensi Ruang, Nasional, Global

Authors

  • Titin Retno Sari Madrasah Aliyah Negeri 6 Jombang

DOI:

https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.115

Keywords:

Pendidikan Geografi , Dimensi ruang, Nasional, Global.

Abstract

Kelas geografi harus menyadari semua dimensi dan masalah ruang. Karena di lingkungan sekolah dan rumah, siswa terbiasa mengatur, menggunakan dan mencintai ruang di sekitar mereka. Namun, dengan kemajuan zaman yang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), sikap masyarakat terhadap alam dan lingkungan juga berubah. Sebaliknya, tugas pendidikan geografi adalah untuk melengkapi dan membuat peka ruang dalam konteks kehidupan budaya global. Pada saat yang sama, pelajaran geografi memberikan penyediaan ruang dan kesadaran  dalam konteks budaya nasional dan daerah. Dengan demikian, siswa yang masih mampu berpikir dan berpikir global, berbangsa, dan bertindak dalam konteks lokal dalam kehidupan sehari-hari, patut disambut, diapresiasi, dan dimutakhirkan dalam konteks kehidupan  nasional dan budaya lokal  Indonesia.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Retno Sari, T. (2023). Paradigma Pendidikan Geografi Dan Tantangan Global Pada Masa Kini: Pendidikan Geografi, Dimensi Ruang, Nasional, Global. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 148–152. https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.115