PARADIGMA PENDIDIKAN GEOGRAFI DAN TANTANGAN GLOBAL PADA MASA KINI
Pendidikan Geografi, Dimensi Ruang, Nasional, Global
DOI:
https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.115Kata Kunci:
Pendidikan Geografi , Dimensi ruang, Nasional, Global.Abstrak
Kelas geografi harus menyadari semua dimensi dan masalah ruang. Karena di lingkungan sekolah dan rumah, siswa terbiasa mengatur, menggunakan dan mencintai ruang di sekitar mereka. Namun, dengan kemajuan zaman yang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), sikap masyarakat terhadap alam dan lingkungan juga berubah. Sebaliknya, tugas pendidikan geografi adalah untuk melengkapi dan membuat peka ruang dalam konteks kehidupan budaya global. Pada saat yang sama, pelajaran geografi memberikan penyediaan ruang dan kesadaran dalam konteks budaya nasional dan daerah. Dengan demikian, siswa yang masih mampu berpikir dan berpikir global, berbangsa, dan bertindak dalam konteks lokal dalam kehidupan sehari-hari, patut disambut, diapresiasi, dan dimutakhirkan dalam konteks kehidupan nasional dan budaya lokal Indonesia
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Penelitian Multidisiplin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.