Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Kain Tenun Di Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara

Digital Marketing, Kain Tenun Songket, Sa’dan

Penulis

  • Olivia Devi Yulian Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.58705/jam.v2i1.130

Abstrak

Digital marketing merupakan sistem penjualan yang memanfaatkan media online untuk mengembangkan bisnis. Digital marketing menjadi media promosi dan transaksi yang banyak digunakan saat ini, karena dapat memberi keuntungan bagi pembeli dan penjual. Digital marketing dapat berupa aplikasi bisnis dengan platform seperti Facebook, Instagram, Youtube, Whatsapp, Instagram dan Tiktok. Peluang ini dapat digunakan untuk pengembangan bisnis penjualan kain tenun di desa Sa’dan. Penjualan berbasis online dapat memutuskan mata rantai penjualan, sehingga harga suatu barang dapat dibeli dengan lebih murah. Selain itu biaya membangun digital marketing yang murah, jangkauan promosi yang lebih luas menjadi kelebihan. Pelaksanaan PKM ini bertujuan memberikan pelatihan tentang digital marketing bagi pengerajin kain tenun songket di desa Burai. Hasil dari penilaian pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan tentang digital marketing bagi peserta pelatihan. Tim PKM juga membimbing pengerajin kain tenun songket untuk membuat aplikasi Facebook dan Instagram. Pelatihan membangun digital marketing ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat di desa sa’dan yang berupaya melestarikan budaya dengan mempertahankan usaha kain tenun kain kebanggaan Toraja.

Diterbitkan

2023-01-28

Cara Mengutip

Yulian, O. D. (2023). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Kain Tenun Di Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara: Digital Marketing, Kain Tenun Songket, Sa’dan. Jurnal Abdimas Multidisiplin, 2(1), 45–47. https://doi.org/10.58705/jam.v2i1.130