Pendampingan Dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk Umkm Melalui Strategi Branding Di Desa Mranggonlawang Kabupaten Probolinggo

Penulis

  • Taufikurrahman Program Studi Sains Data, Fakultas Ilmu komputer Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur
  • Alfi Rizka Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur
  • Diyah Sugiarti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur
  • Dafa Aurelia Ardiza Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur
  • Awwaliya Dhiyaus Syamsiyah Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial .dan Politik Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur
  • Muhammad Nur Salam Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.58705/jam.v2i3.181

Kata Kunci:

UMKM, Branding Product, Logo Usaha

Abstrak

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan sebuah tonggak penting bagi sebuah negara dengan melihat ketahanan ekonominya. Pada era sekarang tantangan terbesar yang akan dihadapi UMKM di Indonesia adalah suatu kemampuan sumber daya manusianya untuk beradaptasi terhadap kemajuan teknologi yang semakin canggih. Desa Mranggonlawang terdapat beberapa sektor UMKM yang berpotensi dikembangkan, yaitu Finza Cookies and Cake, dan Cemal Cemil by Dian berupa aneka makanan ringan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap para pelaku UMKM, terdapat beberapa kendala yang mereka hadapi dalam menjalankan usahanya, yaitu masih kurangnya pemahaman terhadap strategi pemasaran produk dan kurangnya kemampuan sumber daya dalam membuat logo. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah sosialisasi branding produk dan pembuatan desain logo usaha. Sosialisasi branding produk dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat strategi pemasaran produk-produk unggulan agar dapat bersaing di pasaran. Pada kegiatan pembuatan logo sendiri berfungsi sebagai nilai, ekuitas, dan menjadi tanda keotentikan sebuah produk satu dengan yang lainnya. Dengan adanya sosialisasi branding dan pendampingan pembuatan logo tersebut dapat mempermudah UMKM untuk menciptakan brand produk dengan tujuan mengembangkan dan memasarkan produk serta meningkatkan brand awareness produk di kalangan masyarakat.

 

Diterbitkan

2023-05-19

Cara Mengutip

Taufikurrahman, Rizka, A., Sugiarti, D., Ardiza, D. A., Syamsiyah, A. D., & Salam, M. N. (2023). Pendampingan Dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk Umkm Melalui Strategi Branding Di Desa Mranggonlawang Kabupaten Probolinggo. Jurnal Abdimas Multidisiplin, 2(3), 29–35. https://doi.org/10.58705/jam.v2i3.181

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama