Pendampingan Editing Foto dan Video bagi Ibu Rumah Tangga Pelaku UMKM di Perumahan Alam Sari tabanan bali
DOI:
https://doi.org/10.58705/jam.v2i6.247Kata Kunci:
Media Sosial, UMKM, PromosiAbstrak
Promosi produk secara online telah menjadi budaya baru pada era saat ini, salah satu pendekatannya adalah dengan mengunggah foto ataupun video pada media sosial. Foto maupun video yang dirancang dengan baik memiliki potensi besar untuk memberikan pandangan positif kepada calon pembeli. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam upaya membuat foto maupun video yang menarik. melalui video. Salah satunya yaitu bagaimana teknik dalam pengam bilan dan mengolah foto maupun video, seperti teknik menyisipkan teks, teknik menyisipkan musik/audio, bagaimana mengatur tingkat kecerahan foto/video. Selain itu, terdapat tantangan distribusi video, dimana pembuatan video sering kali memerlukan aplikasi dengan kebutuhan sumber daya yang signifikan. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan informasi tentang cara pengambilan foto maupun video yang baik dan menarik menggunakan smartphone. Mayoritas Ibu Rumah Tangga (IRT) di Perumahan Alam Saru meruka Pelaku UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner yang cenderung memiliki pemahaman dan keterampilan yang terbatas dalam hal perkembangan media sosial dan editing foto/video. Oleh karena itu, diperlukan adanya kegiatan pendampingan untuk menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan smartphone untuk pengambilan foto serta video. Hal tersebut merupakan salah satu kunci membantu IRT pelaku UMKM Perumahan Alam Sari untuk memanfaatkan teknologi secara optimal, meningkatkan kualitas visual produk dan akhirnya mendukung daya saing produk.