Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pengembangan Strategi Pembelajaran Aktif Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah

Penulis

  • Mardia Hayati universitas islam negeri sulthan syarif kasim riau program studi pendidikan guru madrasah ibtida’iyah

DOI:

https://doi.org/10.58705/jam.v3i6.336

Kata Kunci:

Peningkatan, Kualitas Pembelajaran, Pengembangan Strategi Pembelajaran.

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil pengabdian yang berjudul Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui pengembangan Strategi Pembelajaran Aktif bagi guru Madrasah Ibtidaiyah. Pengabdian ini dilakukan di di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Kegiatan pengabdian yang dilakukan ini merupakan Partisipatory Action Research (PAR) dilaksanakan dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitati. Adapun hasil pengabdian yang telah pengabdi lakukan tentang Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui pengembangan Strategi Pembelajaran Aktif bagi guru Madrasah Ibtidaiyah disimpulkan bahwa sebelum pelaksanaan pengabdian, strategi pembelajaran aktif belum sepenuhnya dilakukan guru dalam pembelajaran di kelas. Kecenderungan guru masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional . Hal ini disebabkan oleh masih kurangnya pemahaman guru terhadap bentuk strategi pembelajaran dan kurang didukungnya sarana dan prasarana serta perangkat pembelajaran seperti jadwal mata pelajaran yang disusun Madrasah.Namun Setelah pelaksanaan pengabdian, pemahaman dan kemampuan guru dalam penerapan strategi pembelajaran aktif mengalami peningkatan meskipun belum sepenuhnya sesuai dengan yang diharapkan, dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya terlaksana sesuai dengan arahan yang diberikan pada waktu Pengabdian, namun semua itu bisa di maklumu karena dalam penerapan strategi pembelajaran perlu pembiasaan sehingga guru tidak merasa canggung dalam pelaksanaannya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29

Cara Mengutip

Hayati, M. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pengembangan Strategi Pembelajaran Aktif Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Abdimas Multidisiplin, 3(6), 9–16. https://doi.org/10.58705/jam.v3i6.336