Penerapan Interaksi Eduktif Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sebagai Upaya Integrasi Nilai-Nilai Islami Di Sekolah

Penulis

  • Mardia Hayati universitas islam negeri sulthan syarif kasim riau program studi pendidikan guru madrasah ibtida’iyah

DOI:

https://doi.org/10.58705/jpm.v3i3.280

Kata Kunci:

Penerapan Interaksi Edukatif Integrasi Nilai-nilai Islam

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian yang berjudul Penerapan interaksi Edukatif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai upaya integrasi nilai-nilai Islam di SMP Negeri 32 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di  SMPN 32 Pekanbaru. Metode penelitian  ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian yang telah peneliti lakukan tentang Penerapan interaksi Edukatif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai upaya integrasi nilai-nilai Islam di SMP Negeri 32 Pekanbaru dikategorikan “Cukup”. Hal ini dapat diketahui dari presentase yang dilaksanakan secara keseluruhan yaitu 61, 25%, berada pada rentang 56%-65%. Adapun faktor yang mempengaruhi guru dalam penerapan interaksi edukatif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  sebagai upaya Integrasi nilai-nilai Islami di SMP Negeri  32 Pekanbaru terdiri dari faktor Internal dan Eksternal. Faktor Internal Penerapan interaksi edukatif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  sebagai upaya Integrasi nilai-nilai Islami antara lain: Pengalaman mengajar, mengikuti Pelatihan,seminar dan penataran guru serta kesadaran akan kewajiban dan hati nurani. Sedangakan faktor Ekternal yang berpengaruh terhadap Penerapan interaksi edukatif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  sebagai upaya Integrasi nilai-nilai Islami adalah ketersediaan sarana,prasarana dan media pembelajaran serta adanya kegiatan pembinaan dan pengawasan terhadap para guru.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-29

Cara Mengutip

Hayati, M. (2024). Penerapan Interaksi Eduktif Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sebagai Upaya Integrasi Nilai-Nilai Islami Di Sekolah. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(3), 1–13. https://doi.org/10.58705/jpm.v3i3.280