PEMASARAN DIGITAL UMKM SERTA PERANAN LEMBAGA KEUANGAN DI DESA IKER-IKER GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.58705/jam.v3i5.303Kata Kunci:
Pemasaran Digital, UMKM, Lembaga KeuanganAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha mikro kecil dan menengah berkembang setelah pandemi Covid-19 dan bagaimana peran yang dapat dimainkan oleh lembaga keuangan untuk membantu UMKM. Lembaga keuangan adalah lembaga yang tugasnya menghimpun dan memberikan dana kepada para pelaku UMKM untuk mencapai kesejahteraan bersama. Kegiatan ini menggunakan metode kualitatif kepustakaan. Metode kepustakaan menggunakan data sekunder dari hasil penelitian, artikel, dan karya ilmiah lainnya yang membahas topik penelitian. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UMKM) setelah pandemi membutuhkan dukungan keuangan. Untuk mendapatkan akses yang mudah ke pembiayaan, UMKM harus konsisten dan berkomitmen untuk menjaga kualitas produknya, kreatif dan inovatif, menggunakan teknologi digital, dan bekerja sama dengan berbagai pihak.