PEMASARAN DIGITAL UMKM SERTA PERANAN LEMBAGA KEUANGAN DI DESA IKER-IKER GRESIK

Penulis

  • mochamad syafii Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gresik
  • Dini Ayu Pramitasari program studi akuntansi universitas gresik
  • Bustanul ulum program studi akuntansi universitas gresik
  • siti bariroh Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Gresik

DOI:

https://doi.org/10.58705/jam.v3i5.303

Kata Kunci:

Pemasaran Digital, UMKM, Lembaga Keuangan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha mikro kecil dan menengah berkembang setelah pandemi Covid-19 dan bagaimana peran yang dapat dimainkan oleh lembaga keuangan untuk membantu UMKM. Lembaga keuangan adalah lembaga yang tugasnya menghimpun dan memberikan dana kepada para pelaku UMKM untuk mencapai kesejahteraan bersama. Kegiatan ini menggunakan metode kualitatif kepustakaan. Metode kepustakaan menggunakan data sekunder dari hasil penelitian, artikel, dan karya ilmiah lainnya yang membahas topik penelitian. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UMKM) setelah pandemi membutuhkan dukungan keuangan. Untuk mendapatkan akses yang mudah ke pembiayaan, UMKM harus konsisten dan berkomitmen untuk menjaga kualitas produknya, kreatif dan inovatif, menggunakan teknologi digital, dan bekerja sama dengan berbagai pihak.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-25

Cara Mengutip

mochamad syafii, Dini Ayu Pramitasari, ulum, B., & bariroh, siti. (2024). PEMASARAN DIGITAL UMKM SERTA PERANAN LEMBAGA KEUANGAN DI DESA IKER-IKER GRESIK. Jurnal Abdimas Multidisiplin, 3(5), 47–53. https://doi.org/10.58705/jam.v3i5.303